Servis AC Pondok Indah
Blog,Tips

Masalah-Masalah Yang Sering Terjadi Pada AC

Servis AC Pondok Indah

Di Saat AC mati, rasanya pasti panas sekali, bukan? Melakukan servis akan selalu memakan biaya yang sangat mahal. Selain itu, Anda juga bisa kegerahan selagi menunggu teknisi servis AC datang. ayo, kita coba memeriksa AC kita sendiri agar lebih Berhemat siapa tahu tanpa perlu membawa/memanggil teknisi AC kita bisa memperbaikinya sendiri.

Berikut langkah sederhana yang bisa anda coba ketika tiba-tiba AC anda bermasalah :

  1. Cari tahu masalahnya. Pertama cari tahu, Apakah unit AC sama sekali tidak berfungsi, apakah kurang dingin, atau hanya menghembuskan udara saja?
  2. Tidak berfungsi sama sekali: Jika AC mati total bisa jadi kondensor (untuk unit outdoor) atau handler udara/tungku (unit indoor) tidak berfungsi, oleh karenanya coba lakukan langkah berikut,
    • Pastikan colokan listrik sudah terpasang. Terkadang masalahnya ada di sini. Anak-anak, binatang peliharaan, atau Anda sendiri (yang tidak sengaja menyenggol colokan listrik saat bersih-bersih), bisa membuat colokan listriknya menjadi kendur atau bahkan lepas.
    • Periksa pemutus sirkuit dan sekering. Pastikan kedua hal ini terpasang dengan baik, menyala, dan berfungsi dengan baik. Sirkuit, terutama pada rumah yang lebih tua, biasanya mudah kelebihan beban jika AC berbagi sirkuit dengan peralatan lainnya seperti setrika, kulkas, atau microwave.
    • Periksa thermostat (pengatur suhu), pastikan sudah diatur ke posisi dingin yang diinginkan, dan berfungsi dengan baik. Sama halnya dengan colokan listrik, pengaturan alat ini kadang bisa berubah secara tidak sengaja.
  3. Periksa tali blower kipas AC Anda, apakah terlalu kendur, rusak, atau putus. Hal ini bisa menyebabkan udara yang dihembuskan menjadi kecil, dan memungkinkan terjadinya pembentukan es, sehingga menyebabkan kinerja pendinginannya kurang baik.
    • Perbaiki atau ganti tali blower. Biarkan es mencair terlebih dahulu sebelum menyalakan unit AC.
  4. Periksa koil dan saringan udara. Jika dipenuhi debu dan kotoran, bersihkan secara menyeluruh. Pastikan es sudah mencair sebelum Anda menyalakan unit AC.
  5. Hubungi teknisi . Jika Anda sudah yakin semuanya terhubung, menyala, terpasang dengan baik, dan bersih, mungkin ini saatnya untuk menghubungi tenaga servis langganan Anda.

Kami Pelangi Teknik, bersedia melayani panggilan untuk perbaikan AC di sekitar  Pondok Indah, Kemang, dan Jaksel dan sekitarnya.
Dengan teknisi yang professional serta sudah berpengalaman dan bidangnya, kami memberikan jaminan pelayanan terbaik bagi anda.