Servis AC Jakarta Selatan
Blog,Tips

Penyebab AC Tidak Dingin Hanya di Siang hari

Banyak yang bertanya mengenai apa penyebab AC tidak dingin di siang hari, sehingga ada beberapa teman2 yang masuk k E-mail kami. Mungkin ini juga salah satu masalah yang tengah Anda alami, sehingga akhirnya sampai mengunjungi website ini.

Masalah AC yang tidak dingin saat siang hari namun akan dingin normal ketika malam hari tentunya menjadi tidak nyaman apalagi kita sebagai pengguna.

Apalagi banyaknya aktivitas yang sering dilakukan di dalam ruangan saat siang hari, ruangan yang panas akibat AC yang tidak dingin pasti dapat mengganggu kenyamanan Anda.

Perlu diketahui, jika AC tidak dingin hanya di siang hari saja bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya menjadi topik pembahasan pada tulisan artikel kali ini.

Langsung saja kita simak secara seksama hal-hal yang menyebabkan AC yang hanya mau dingin di malam hari saja berikut ini.

1. Suhu di luar ruangan sangat panas
Ini juga bisa menyebabkan AC tidak dingin disiang hari, Hal ini bisa dipengaruhi oleh terik sinar matahari yang begitu panas.

Dengan hal tersebut, suhu yang ada di dalam ruangan pun juga akan ikut naik sehingga akan membuat AC bekerja lebih keras, yang akhirnya yang kita rasakan ruangan menjadi kurang atau tidak dingin.

Kejadian seperti ini biasanya sering terjadi pada saat musim panas, sehingga yang tadinya AC tidak ada masalah dengan AC jadi merasa kurang dingin, padahal diperiksa AC tersebut kondisi normal.

Biasanya ini disebabkan oleh faktor cuaca, maka secara teknis tidak ada yang perlu dilakukan. Hanya saja mungkin Anda perlu melakukan perawatan service lebih sering selama musim panas tersebut.

service AC jakarta Selatan

2. Unit indoor AC kotor

AC kotor membuat AC tidak dingin tentu sudah menjadi masalah umum yang biasa terjadi pada unit pendingin udara. Tentu sebagai pengguna kita juga sudah tahu akan hal ini.

Oleh karena itu, jika Anda merasa AC di tempat Anda tidak dingin ketika siang hari silakan Anda ingat-ingat kapan terakhir kali melakukan service perawatan.

Terlebih ini Anda alami ketika musim panas seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Sebaiknya Anda lebih sering melakukan service dari biasanya, misalnya satu bulan sekali.

Karena musim kemarau cenderung membuat AC lebih cepat kotor akibat debu kering yang berterbangan dibanding musim hujan. Kami juga selalu mengingatkan, perawatan AC itu jangan menunggu AC rusak.

Akan lebih baik jika Anda membuat jadwal rutin setiap 2-3 bulan sekali walaupun AC tersebut masih dingin.

 

3. Dinding ruangan menggunakan kaca

Beberapa ruangan dengan dinding kaca tentu membuat kesan tersendiri. Selain karena sedang tren, ini juga dapat mempercantik suatu bangunan.

Sayangnya, pemilihan kaca yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerja AC. Pasalnya, suhu panas dari luar tidak terserap secara sempurna oleh kaca, yang akhirnya membuat ruangan menjadi panas.

Jika memang ingin menggunakan dinding dari kaca, sebaiknya pilih kaca yang bisa menolak panas dengan baik. Atau, Anda juga bisa memasang kaca film solar gard yang sudah teruji dapat menolak panas sinar matahari.

 

4. Jumlah orang di dalam ruangan
Setiap orang tentu memiliki suhu tubuh yang berbeda-beda, sehingga jumlah orang di dalam ruangan juga mempengaruhi seberapa mampu AC tersebut dalam mendinginkan ruangan.

Semakin banyak orang yang berada di ruangan tersebut, tentu semakin panas dan semakin lama juga proses AC dalam menurunkan suhu di dalam ruangan tersebut.

 

5. Kipas fan lemah
Fungsi dari kipas fan pada unit indoor yaitu untuk menyebarkan suhu dingin di evaporator agar bisa sampai ke sudut-sudut ruangan.

Jika kipas fan ini lemah tentu membuat kinerja unit indoor AC tidak maksimal, alhasil AC terasa kurang dingin.

Mungkin ini tidak begitu pengaruh ketika malam hari karena suhu di luar dingin, namun tentu akan berbeda ketika siang hari yang udara di luar cenderung panas.

Oleh sebab itu jika yang Anda rasakan kipas fan pada unit indoor AC Anda pelan tidak seperti biasanya, sebaiknya segera panggil Teknisi agar segera bisa dilakukan pemeriksaan.

Kipas fan berputar pelan umumnya disebabkan oleh tiga hal, yakni baling-baling kipas kotor, motor dinamo lemah, dan kemampuan kapasitor sudah tidak maksimal.

 

6. Mesin kompresor lemah sehingga tidak bekerja secara maksimal
Seperti yang kita ketahui, kompresor bisa dikatakan jantung dari sebuah mesin pendingin udara. Jika kinerja kompresor sudah berkurang, tentu efeknya dingin yang dihasilkan juga menurun.

Tentu ini juga pengaruh dengan dingin yang ada di unit indoor, sehingga ruangan terasa kurang dingin.

Salah satu ciri-ciri kompresor yang bagus yakni dapat bekerja dengan ampere yang dibawah standar atau yang tertulis di nameplate, dan tekanan freon juga normal.

Namun jika kompresor cepat panas dan ampere kompresor pun sudah naik melebihi batas maksimal, bisa jadi kompresor ini sudah lemah.

Anda bisa meminta bantuan Teknisi untuk memeriksa mesin kompresor AC Anda dan memastikan masih bagus atau tidak.

 

7. Kapasitas ( PK ) AC tidak sesuai dengan luas ruangan,
Ini juga menjadi penyebab AC tidak dingin pada siang hari
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli AC tentu harus tahu berapa ukuran ruangan di tempat Anda. Sehingga, Anda bisa menentukan kapasitas AC yang sesuai dengan kebutuhan ruangan tersebut.

Salah dalam memilih kapasitas AC mengakibatkan dingin ruangan tidak sesuai. Misalnya kedinginan atau malah kurang dingin.

Tentu ini dapat merugikan Anda baik dari segi biaya maupun tenaga. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih AC selain sesuai dengan selera Anda, namun juga sesuai dengan luas ruangan di tempat Anda.

Anda juga bisa berkonsultasi ke orang yang berkompeten di bidang ini sebelumnya, jika memang ini diperlukan.

Sedangkan jika AC Anda saat ini mengalami masalah tidak dingin di siang hari karena kapasitas AC tidak sesuai, mungkin Anda bisa mengganti kapasitas AC tersebut ke yang lebih tinggi secara kapasitas PK nya.